Download Cisco Packet Tracer 8.4.0 Terbaru Free 2024

Download Cisco Packet Tracer Terbaru

Download Cisco Packet Tracer Terbaru Gratis Full Version

Download Cisco Packet Tracer 8.4.0 adalah alat simulasi dan visualisasi jaringan yang dikembangkan oleh Cisco Systems. Alat ini terutama digunakan untuk tujuan pendidikan guna membantu siswa, administrator jaringan, dan profesional TI mendapatkan pengalaman praktis dalam merancang, mengkonfigurasi, dan memecahkan masalah perangkat jaringan dan topologi. Packet Tracer sering digunakan bersama dengan kursus Cisco Networking Academy, seperti program Cisco Certified Network Associate (CCNA), untuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan jaringan mereka.

Download Cisco Packet Tracer

Download Cisco Packet Tracer memungkinkan pengguna membuat jaringan virtual dengan menempatkan dan menghubungkan berbagai perangkat jaringan seperti router, switch, komputer, dan server. Pengguna kemudian dapat mengkonfigurasi perangkat ini menggunakan antarmuka baris perintah yang sangat mirip dengan yang digunakan dalam perangkat Cisco nyata. Perangkat lunak ini mensimulasikan perilaku jaringan, termasuk pergerakan paket data dan protokol jaringan, sehingga pengguna dapat memvisualisasikan dan memahami bagaimana jaringan berfungsi.

Fungsi Dari Cisco Packet Tracer mendukung berbagai perangkat dan protokol Cisco, yang memungkinkan pengguna untuk bereksperimen dengan berbagai skenario dan konsep jaringan, seperti subnetting, routing, switching, VLAN, daftar kontrol akses, dan lainnya.

Fungsi Dari Cisco Packet Tracer adalah aplikasi perangkat lunak gratis yang dikembangkan oleh Cisco Systems yang memungkinkan pengguna untuk membuat topologi jaringan virtual dan mensimulasikan konfigurasi jaringan. Ini menyediakan antarmuka pengguna grafis yang memungkinkan pengguna untuk menyeret dan melepas perangkat jaringan dan menghubungkannya satu sama lain untuk membuat topologi jaringan. Pengguna kemudian dapat mengkonfigurasi perangkat ini menggunakan antarmuka baris perintah (CLI) atau antarmuka pengguna grafis berbasis web (GUI).

Salah satu fitur utama dari Download Cisco Packet Tracer adalah kemampuannya untuk mensimulasikan perangkat jaringan dunia nyata. Pengguna dapat membuat router virtual, switch, server, dan perangkat lainnya dan mengkonfigurasinya agar bertindak seolah-olah mereka adalah perangkat nyata. Ini memungkinkan pengguna untuk menguji dan menyelesaikan masalah konfigurasi jaringan dalam lingkungan yang aman dan terkendali tanpa risiko menyebabkan downtime pada jaringan live.

Fungsi Dari Cisco Packet Tracer adalah dukungannya terhadap berbagai protokol dan teknologi. Pengguna dapat mengkonfigurasi protokol seperti TCP/IP, OSPF, EIGRP, dan BGP, serta teknologi seperti VLAN, VPN, dan NAT. Packet Tracer juga mendukung jaringan nirkabel dan menyediakan lingkungan simulasi untuk pengguna untuk berlatih mengkonfigurasi titik akses dan klien nirkabel.

Packet Tracer adalah alat yang ideal untuk mahasiswa dan pendidik jaringan. Ini menyediakan platform bagi siswa untuk belajar dan berlatih konsep jaringan dalam lingkungan yang aman dan terkendali. Pendidik dapat membuat dan membagikan topologi jaringan dan laboratorium dengan siswa mereka, memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman langsung dengan perangkat dan protokol jaringan. Packet Tracer juga mendukung pembelajaran kolaboratif, memungkinkan siswa untuk bekerja sama pada proyek dan berbagi konfigurasinya satu sama lain.

Download Cisco Packet Tracer juga berguna untuk profesional jaringan. Ini menyediakan platform untuk menguji dan menyelesaikan masalah konfigurasi jaringan sebelum mereka diimplementasikan pada jaringan live. Profesional dapat menggunakan Packet Tracer untuk mensimulasikan topologi jaringan dan konfigurasi yang kompleks dan menguji dampak perubahan sebelum mereka dibuat pada jaringan live.

Fungsi Dari Cisco Packet Tracer adalah kemudahannya dalam penggunaannya. Antarmuka pengguna grafisnya intuitif dan mudah dinavigasi, dan antarmuka seret dan lepas membuatnya mudah untuk membuat dan mengkonfigurasi topologi jaringan. Packet Tracer juga menyediakan tutorial dan laboratorium bawaan untuk membantu pengguna memulai dan mempelajari konsep baru.

Manfaat lain dari Download Cisco Packet Tracer adalah skalabilitasnya. Ini dapat digunakan untuk mensimulasikan jaringan kecil dan sederhana serta jaringan besar dan kompleks. Pengguna dapat membuat jaringan virtual dengan ratusan atau bahkan ribuan perangkat dan mensimulasikan skenario dunia nyata untuk menguji dan menyelesaikan masalah konfigurasi jaringan.

Packet Tracer juga sangat dapat disesuaikan. Pengguna dapat membuat perangkat, protokol, dan teknologi mereka sendiri untuk memperluas kemampuan perangkat lunak. Ini memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan skenario jaringan tertentu dan menguji dampak konfigurasi yang berbeda pada jaringan mereka.

Download Cisco Packet Tracer terus berkembang, dengan fitur dan kemampuan baru ditambahkan pada setiap rilis baru. Cisco Systems menyediakan pembaruan reguler untuk perangkat lunak, memastikan bahwa ia tetap menjadi alat simulasi jaringan yang kuat dan up-to-date. Pengguna juga dapat mengakses komunitas pengguna dan pengembang Packet Tracer yang besar, yang membagikan pengetahuan dan keahlian mereka melalui forum, blog, dan media sosial.

Download Cisco Packet Tracer adalah alat simulasi jaringan yang kuat yang menyediakan lingkungan yang aman dan terkendali untuk belajar dan berlatih konsep jaringan. Ini mendukung berbagai protokol dan teknologi, dan dapat digunakan oleh mahasiswa jaringan, pendidik, dan profesional untuk mendapatkan pengalaman langsung dengan perangkat dan konfigurasi jaringan. Kemudahan penggunaannya, skalabilitas, dan opsi kustomisasinya menjadikannya alat yang ideal untuk mensimulasikan berbagai skenario jaringan, dan pembaruan reguler dan dukungan komunitas memastikan bahwa ia tetap menjadi alat simulasi jaringan yang kuat dan up-to-date.

Download Cisco Packet Tracer Terbaru

Network and Wifi SoftwareTerbaru

Fitur Download Cisco Packet Tracer

Cisco Packet Tracer menawarkan berbagai fitur yang membuatnya menjadi alat yang kuat untuk simulasi dan visualisasi jaringan. Beberapa fitur kunci dari Packet Tracer termasuk:

  • Simulasi perangkat jaringan: Download Cisco Packet Tracer memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan berbagai perangkat jaringan, termasuk router, switch, hub, server, dan PC. Pengguna dapat mengkonfigurasi perangkat-perangkat ini dengan parameter yang berbeda, seperti alamat IP, subnet mask, VLAN, dan protokol routing.
  • Simulasi protokol jaringan: Packet Tracer mendukung berbagai protokol jaringan, termasuk TCP / IP, DHCP, DNS, OSPF, EIGRP, dan BGP. Pengguna dapat mensimulasikan protokol ini dan mengkonfigurasi parameter mereka untuk membuat skenario jaringan yang realistis.
  • Pembuatan topologi jaringan: Download Cisco Packet Tracer memungkinkan pengguna untuk membuat dan menyesuaikan topologi jaringan menggunakan antarmuka drag-and-drop. Pengguna dapat menambahkan dan menghubungkan perangkat, mengkonfigurasi propertinya, dan membuat topologi jaringan yang kompleks.
  • Perekaman dan analisis paket: Packet Tracer mencakup alat perekaman dan analisis paket yang memungkinkan pengguna untuk merekam dan menganalisis lalu lintas jaringan. Alat ini berguna untuk memperbaiki masalah jaringan dan memahami bagaimana protokol jaringan bekerja.
  • Kolaborasi dan berbagi: Download Cisco Packet Tracer memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan orang lain dengan membagikan topologi jaringan dan konfigurasinya. Pengguna juga dapat berpartisipasi dalam komunitas online dan membagikan pekerjaan mereka dengan orang lain.

Manfaat penggunaan Cisco Packet Tracer 

Download Cisco Packet Tracer menawarkan beberapa manfaat bagi pengguna yang ingin belajar dan berlatih keterampilan jaringan. Beberapa manfaat kunci dari Packet Tracer termasuk:

  • Simulasi yang realistis: Download Cisco Packet Tracer menyediakan simulasi yang realistis dari perangkat dan protokol jaringan, memungkinkan pengguna untuk membuat dan menguji skenario jaringan tanpa perlu perangkat keras fisik. Ini sangat berguna untuk siswa yang tidak memiliki akses ke peralatan fisik atau untuk menguji konfigurasi jaringan yang kompleks.
  • Mudah digunakan: Packet Tracer memiliki antarmuka yang mudah digunakan yang membuatnya mudah untuk membuat dan mengkonfigurasi topologi jaringan. Antarmuka drag-and-drop memungkinkan pengguna untuk menambahkan perangkat, menghubungkannya, dan mengkonfigurasi propertinya dengan cepat dan mudah.
  • Gratis dan tersedia secara luas: Download Cisco Packet Tracer tersedia secara gratis dan dapat digunakan pada Windows, Linux, dan macOS. Ini membuatnya mudah diakses oleh siswa, instruktur, dan profesional IT yang ingin belajar dan berlatih keterampilan jaringan.
  • Kolaborasi dan berbagi: Packet Tracer memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan orang lain dengan membagikan topologi jaringan dan konfigurasinya. Ini sangat berguna untuk instruktur yang ingin membagikan topologi jaringan dengan siswa atau untuk siswa yang ingin berkolaborasi dalam proyek jaringan.
  • Alat pembelajaran yang komprehensif: Download Cisco Packet Tracer menyediakan alat pembelajaran yang komprehensif yang mencakup berbagai perangkat dan protokol jaringan. Ini memungkinkan pengguna untuk belajar dan berlatih keterampilan jaringan dalam lingkungan yang aman dan terkontrol.

Cara menggunakan Cisco Packet Tracer 

Menggunakan Packet Tracer mudah dan sederhana. Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk membuat topologi jaringan:

  • Buka Packet Tracer: Buka Packet Tracer di komputer Anda.
  • Buat file baru: Klik pada “File” dan pilih “New” untuk membuat file baru.
  • Tambahkan perangkat: Gunakan panel perangkat di sebelah kiri layar untuk menambahkan perangkat ke topologi jaringan Anda. Seret dan lepaskan perangkat ke ruang kerja dan kemudian hubungkan mereka menggunakan konektor yang disediakan.
  • Konfigurasikan perangkat: Setelah Anda menambahkan perangkat, Anda dapat mengkonfigurasinya menggunakan panel konfigurasi di sebelah kanan layar. Konfigurasikan perangkat dengan alamat IP yang sesuai, subnet mask, VLAN, protokol routing, dan pengaturan lain yang diperlukan untuk topologi jaringan Anda.
  • Uji topologi Anda: Gunakan panel simulasi untuk menguji topologi jaringan Anda. Panel ini memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima paket, merekam paket, dan melihat statistik jaringan.
  • Simpan topologi Anda: Setelah Anda selesai mengkonfigurasi topologi jaringan Anda, simpan file Anda dengan mengklik “File” dan memilih “Save”.
  • Bagikan topologi Anda: Jika Anda ingin berbagi topologi Anda dengan orang lain, Anda dapat mengekspornya sebagai file atau membagikannya secara online menggunakan platform Netacad milik Cisco.

FAQ

FAQ’s Download Cisco Packet Tracer

Apa Itu Cisco Packet Tracer?

Download Cisco Packet Tracer Tracer adalah perangkat lunak simulasi jaringan yang dikembangkan oleh Cisco Systems. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk merancang, membangun, menguji, dan memecahkan masalah jaringan virtual dengan berbagai perangkat jaringan dan protokol. Packet Tracer dirancang untuk membantu siswa dan profesional dalam mempelajari konsep jaringan, mengembangkan keterampilan teknis, dan mempersiapkan diri untuk sertifikasi Cisco, seperti CCNA (Cisco Certified Network Associate) dan CCNP (Cisco Certified Network Professional).

Perangkat lunak ini memberikan lingkungan visual yang intuitif dan mudah digunakan, di mana pengguna dapat menambahkan perangkat seperti router, switch, komputer, dan perangkat nirkabel untuk mengatur topologi jaringan yang diinginkan. Selanjutnya, Download Cisco Packet Tracer mendukung berbagai protokol jaringan, seperti IPv4, IPv6, OSPF, EIGRP, dan banyak lagi, yang memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi dan mengamati bagaimana protokol tersebut berinteraksi dalam jaringan.

Salah satu fitur kunci dari Download Cisco Packet Tracer adalah kemampuannya untuk mensimulasikan aliran paket data melalui jaringan. Pengguna dapat mengirim paket data dari satu perangkat ke perangkat lain dan melacak perjalanan paket melalui jaringan. Hal ini sangat berguna untuk memahami bagaimana jaringan bekerja, serta untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang mungkin terjadi.

Selain itu, Download Cisco Packet Tracer menyediakan berbagai alat pemecahan masalah, seperti Command Line Interface (CLI) dan Simple Network Management Protocol (SNMP), yang memungkinkan pengguna untuk mengakses perangkat jaringan dan mengumpulkan informasi tentang status dan konfigurasi mereka. Fitur-fitur ini membantu pengguna untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja perangkat jaringan dan bagaimana mengoptimalkannya.

Download Cisco Packet Tracer sangat cocok untuk pendidikan, karena menyediakan berbagai sumber daya belajar, seperti tutorial, contoh, dan kegiatan interaktif yang didesain untuk meningkatkan pemahaman konsep jaringan dan keterampilan teknis. Selain itu, perangkat lunak ini mendukung kolaborasi antar pengguna, memungkinkan mereka untuk berbagi jaringan yang mereka buat dan bekerja bersama untuk menyelesaikan tantangan jaringan.

How To Add Internet In Cisco Packet Tracer?

Untuk menambahkan internet ke dalam simulasi Download Cisco Packet Tracer, Anda perlu meniru konektivitas internet dengan menggunakan perangkat Cloud dan menghubungkannya ke jaringan Anda. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk melakukannya:

  • Buka Cisco Packet Tracer dan buat atau buka proyek jaringan yang ingin Anda tambahkan internet.
  • Di panel bawah kiri, Anda akan melihat beberapa perangkat yang tersedia. Pilih perangkat “End Devices” (Perangkat Akhir) dan seret “Cloud” ke area kerja.
  • Sekarang, Anda harus menghubungkan Cloud ke jaringan Anda. Pilih perangkat “Connections” (Koneksi) di panel bawah kiri dan pilih jenis kabel yang sesuai. Misalnya, untuk menghubungkan Cloud ke router, Anda mungkin akan memilih kabel “Copper Straight-Through” atau “Fiber”.
  • Klik pada perangkat Cloud, kemudian klik pada router atau perangkat jaringan lain yang ingin Anda hubungkan ke internet. Pastikan Anda menghubungkan kabel ke port yang sesuai pada kedua perangkat.
  • Konfigurasikan router atau perangkat jaringan yang terhubung ke Cloud dengan menambahkan rute statis atau menggunakan protokol routing dinamis, seperti OSPF atau EIGRP. Rute ini akan mengarahkan lalu lintas dari jaringan Anda ke Cloud, yang akan meniru akses internet.
  • Untuk menguji konektivitas internet, Anda dapat menggunakan perintah seperti “ping” atau “traceroute” dari perangkat yang terhubung ke jaringan Anda, seperti PC atau laptop.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda telah menambahkan internet ke simulasi Cisco Packet Tracer Anda. Ingatlah bahwa Cloud dalam Packet Tracer hanya meniru konektivitas internet dan tidak menyediakan akses ke internet yang sebenarnya.

How To Configure Router To Switch In Cisco Packet Tracer?

Untuk mengkonfigurasi router dan switch dalam Cisco Packet Tracer, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Cisco Packet Tracer dan buat proyek jaringan baru atau buka proyek yang ada.
  • Tambahkan router dan switch ke area kerja. Di panel bawah kiri, pilih perangkat “Network Devices” (Perangkat Jaringan), lalu seret router dan switch ke area kerja.
  • Hubungkan router dan switch menggunakan kabel yang sesuai. Pilih perangkat “Connections” (Koneksi) di panel bawah kiri, lalu pilih kabel “Copper Straight-Through” atau “Fiber”. Klik pada router, kemudian pada switch untuk menghubungkan keduanya.
  • Konfigurasi router: a. Klik dua kali pada router untuk membuka jendela konfigurasi. b. Pilih tab “CLI” (Command Line Interface) dan masukkan mode Privileged EXEC dengan mengetik “enable”. c. Masuk ke mode konfigurasi global dengan mengetik “configure terminal”. d. Tentukan antarmuka yang terhubung ke switch, misalnya, “interface GigabitEthernet0/0”. e. Konfigurasi alamat IP dan subnet mask dengan mengetik “ip address [IP_address] [subnet_mask]”, misalnya “ip address 192.168.1.1 255.255.255.0”. f. Aktifkan antarmuka dengan mengetik “no shutdown”. g. Keluar dari mode konfigurasi antarmuka dengan mengetik “exit”.
  • Konfigurasi switch: a. Klik dua kali pada switch untuk membuka jendela konfigurasi. b. Pilih tab “CLI” dan masukkan mode Privileged EXEC dengan mengetik “enable”. c. Masuk ke mode konfigurasi global dengan mengetik “configure terminal”. d. (Opsional) Berikan nama untuk switch dengan mengetik “hostname [nama_switch]”, misalnya “hostname Switch1”. e. (Opsional) Konfigurasikan VLAN atau fitur switch lainnya sesuai kebutuhan.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, router dan switch Anda sekarang terhubung dan dikonfigurasi dalam Cisco Packet Tracer. Anda bisa melanjutkan untuk menghubungkan perangkat lain ke switch dan menguji konektivitas jaringan menggunakan perintah seperti “ping” atau “traceroute”.

Download Cisco Packet Tracer Terbaru

How To Connect Router To Router Cisco Packet Tracer?

Untuk menghubungkan router ke router dalam Cisco Packet Tracer, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Cisco Packet Tracer dan buat proyek jaringan baru atau buka proyek yang ada.
  • Tambahkan dua router ke area kerja. Di panel bawah kiri, pilih perangkat “Network Devices” (Perangkat Jaringan), lalu seret dua router ke area kerja.
  • Hubungkan kedua router menggunakan kabel yang sesuai. Pilih perangkat “Connections” (Koneksi) di panel bawah kiri, lalu pilih kabel “Copper Cross-Over” atau “Fiber”. Klik pada router pertama, kemudian pada router kedua untuk menghubungkan keduanya.
  • Konfigurasi router pertama: a. Klik dua kali pada router pertama untuk membuka jendela konfigurasi. b. Pilih tab “CLI” (Command Line Interface) dan masukkan mode Privileged EXEC dengan mengetik “enable”. c. Masuk ke mode konfigurasi global dengan mengetik “configure terminal”. d. Tentukan antarmuka yang terhubung ke router kedua, misalnya, “interface GigabitEthernet0/0”. e. Konfigurasi alamat IP dan subnet mask dengan mengetik “ip address [IP_address] [subnet_mask]”, misalnya “ip address 10.0.0.1 255.255.255.0”. f. Aktifkan antarmuka dengan mengetik “no shutdown”. g. Keluar dari mode konfigurasi antarmuka dengan mengetik “exit”.
  • Konfigurasi router kedua dengan langkah yang sama seperti router pertama, tetapi gunakan alamat IP yang berbeda dalam jaringan yang sama, misalnya, “ip address 10.0.0.2 255.255.255.0”.
  • Konfigurasikan protokol routing pada kedua router agar dapat saling berkomunikasi, seperti RIP, OSPF, atau EIGRP.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, kedua router Anda sekarang terhubung dan dikonfigurasi dalam Download Cisco Packet Tracer. Anda bisa menghubungkan perangkat lain ke router atau menambahkan lebih banyak router dan switch untuk membangun jaringan yang lebih kompleks. Uji konektivitas jaringan menggunakan perintah seperti “ping” atau “traceroute” untuk memastikan komunikasi antara router berfungsi dengan baik.

How To Configure Two Routers In Cisco Packet Tracer?

Untuk mengkonfigurasi dua router dalam Download Cisco Packet Tracer, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Cisco Packet Tracer dan buat proyek jaringan baru atau buka proyek yang ada.
  • Tambahkan dua router ke area kerja. Di panel bawah kiri, pilih perangkat “Network Devices” (Perangkat Jaringan), lalu seret dua router ke area kerja.
  • Hubungkan kedua router menggunakan kabel yang sesuai. Pilih perangkat “Connections” (Koneksi) di panel bawah kiri, lalu pilih kabel “Copper Cross-Over” atau “Fiber”. Klik pada router pertama, kemudian pada router kedua untuk menghubungkan keduanya.
  • Konfigurasi router pertama: a. Klik dua kali pada router pertama untuk membuka jendela konfigurasi. b. Pilih tab “CLI” (Command Line Interface) dan masukkan mode Privileged EXEC dengan mengetik “enable”. c. Masuk ke mode konfigurasi global dengan mengetik “configure terminal”. d. Tentukan antarmuka yang terhubung ke router kedua, misalnya, “interface GigabitEthernet0/0”. e. Konfigurasi alamat IP dan subnet mask dengan mengetik “ip address [IP_address] [subnet_mask]”, misalnya “ip address 10.0.0.1 255.255.255.0”. f. Aktifkan antarmuka dengan mengetik “no shutdown”. g. Keluar dari mode konfigurasi antarmuka dengan mengetik “exit”.
  • Konfigurasi router kedua dengan langkah yang sama seperti router pertama, tetapi gunakan alamat IP yang berbeda dalam jaringan yang sama, misalnya, “ip address 10.0.0.2 255.255.255.0”.
  • Konfigurasikan protokol routing pada kedua router agar dapat saling berkomunikasi, seperti RIP, OSPF, atau EIGRP. Contoh konfigurasi RIP: a. Masuk ke mode konfigurasi global dengan mengetik “configure terminal”. b. Aktifkan protokol RIP dengan mengetik “router rip”. c. Tentukan versi RIP yang digunakan dengan mengetik “version 2”. d. Tambahkan jaringan yang akan diiklankan oleh RIP dengan mengetik “network [network_address]”, misalnya, “network 10.0.0.0”. e. Keluar dari mode konfigurasi RIP dengan mengetik “exit”.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, kedua router Anda sekarang terhubung dan dikonfigurasi dalam Download Cisco Packet Tracer. Anda bisa menghubungkan perangkat lain ke router atau menambahkan lebih banyak router dan switch untuk membangun jaringan yang lebih kompleks. Uji konektivitas jaringan menggunakan perintah seperti “ping” atau “traceroute” untuk memastikan komunikasi antara router berfungsi dengan baik.

System Requirements

Berikut adalah persyaratan sistem minimum dan yang direkomendasikan untuk menjalankan Download Cisco Packet Tracer:

Persyaratan Minimum:

  • Sistem Operasi: Windows 7, 8.1, 10 (64-bit); macOS 10.14 atau lebih baru; Linux Ubuntu 18.04 LTS (64-bit)
  • Prosesor: Intel Pentium 4, 2.53 GHz atau setara
  • Memori RAM: 2 GB
  • Ruang penyimpanan: 1 GB ruang kosong pada hard disk
  • Resolusi layar: 1024 x 768
  • Koneksi internet untuk mengunduh aplikasi dan melakukan registrasi akun

Persyaratan yang Direkomendasikan:

  • Sistem Operasi: Windows 10 (64-bit); macOS 10.15 atau lebih baru; Linux Ubuntu 20.04 LTS (64-bit)
  • Prosesor: Intel Core i5, 2.4 GHz atau lebih cepat
  • Memori RAM: 4 GB atau lebih
  • Ruang penyimpanan: 2 GB ruang kosong pada hard disk
  • Resolusi layar: 1280 x 800 atau lebih tinggi
  • Koneksi internet berkecepatan tinggi untuk mengunduh aplikasi, mengakses sumber daya online, dan mendapatkan pembaruan.

Meskipun Cisco Packet Tracer Download 64 bit dapat dijalankan pada sistem dengan spesifikasi minimum, menggunakan sistem yang memenuhi persyaratan yang direkomendasikan akan meningkatkan kinerja aplikasi dan memungkinkan Anda untuk bekerja lebih lancar dengan jaringan yang lebih kompleks dan skenario simulasi. Selalu pastikan untuk menjalankan versi terbaru dari Packet Tracer untuk mendapatkan dukungan terbaik untuk fitur dan perangkat keras terbaru.

How To Download Cisco Packet Tracer Free

  • Cisco Packet Tracer Terbaru 2024 dari situs kami tautan diberikan di bawah di akhir posting dengan menggunakan Gigapurbalingga IDM.
  • Ekstrak file yang diunduh ke folder di komputer Anda menggunakan alat ekstraksi file seperti Gigapurbalingga WinRAR.
  • Temukan file instalasi: Setelah mengunduh, temukan file instalasi (biasanya di folder “Downloads”). File tersebut harus memiliki ekstensi seperti “.exe” atau “.msi”.
  • Jalankan penginstal: Klik dua kali pada file instalasi untuk menjalankan penginstal. Jika diminta oleh User Account Control, klik “Yes” atau “Run” untuk mengizinkan penginstal melakukan perubahan pada komputer Anda.
  • Ikuti wizard instalasi: Wizard Pengaturan Cisco Packet Tracer akan terbuka. Klik “Next” untuk memulai proses instalasi.
  • Baca dan terima Perjanjian Lisensi: Baca Perjanjian Lisensi, pilih “I accept the agreement,” dan klik “Next.”
  • Pilih folder instalasi: Pilih folder tempat Anda ingin Cisco Packet Tracer diinstal, atau gunakan folder default yang disediakan. Klik “Next” untuk melanjutkan.
  • Konfigurasi pintasan: Pilih apakah Anda ingin membuat pintasan di desktop dan/atau menu Start. Klik “Next” untuk melanjutkan.
  • Mulai instalasi: Klik “Install” untuk memulai proses instalasi. Penginstal akan menyalin file dan mengatur Cisco Packet Tracer pada komputer Anda. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit.
  • Selesaikan instalasi: Setelah instalasi selesai, klik “Finish” untuk menutup Wizard Pengaturan. Jika Anda memilih untuk membuat pintasan, Anda sekarang dapat meluncurkan Cisco Packet Tracer dari desktop atau menu Start.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda akan berhasil menginstal Cisco Packet Tracer pada komputer Windows Anda. Anda sekarang dapat mulai menggunakan perangkat lunak untuk merancang, membangun, dan mensimulasikan skenario jaringan, serta mempraktikkan keterampilan jaringan Anda.

Post Info

Post Title : Download Cisco Packet Tracer Version Gratis Terbaru

Developer: Cisco Systems
OS: Windows 7, 8, 10, 11
Lisensi: Freeware
Ukuran: 190 MB
Download Cisco Packet Tracer Full Version Download Link

Latest Version Cisco Packet Tracer Download 64 bit Version 8.1.0  | Download

Previous Version Cisco Packet Tracer Download 64 bit Version 7.3.0  | Download

Previous Version Download Cisco Packet Tracer 32 bit Version 7.3.0  | Download

Password 123

File size 227 MB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *